Kamis, 13 Januari 2011

Pasang Breather Tanki

Breather tanki adalah bagian dari sistem pernapasan pada tangki bensin.Biasanya berupa slang kecil yang berada diatas badan tangki.Breather bertugas membuang kelebihan tekanan uap bensin,sekaligus jadi saluran udara masuk ke tangki,untuk menggantikan bensin yang disedot mesin.Makanya Breather sebaiknya dilengkapi filter untuk menyaring udara yang masuk ke tangki.

Breather Tank K&N

Pada kendaraan standar sudah ada pipa pembuangan uap bensin,namun untuk aplikasi offroad,biasanya dipasang filter tambahan,atau mengubah posisi ujung outlet breather lebih tinggi dari posisi asli.Dengan begitu,air akan sulit masuk ke tangki ketika jip melewati genangan air atau menyeberang sungai.Bentuk breather tanki seperti tabung kecil,dilengkapi penutup berupa filter udara,dan memiliki pipa inlet untuk memasang slang dari tangki.Filter inilah yang menyaring debu atau kotoran agar tidak masuk ke dalam tangki.Berikut cara memindahkan breather tangki.
  1. Siapkan breather tangki yang banyak tersedia dipasaran. Contohnya K&N,yang membuat kit khusus yang sudah dilengkapi slang tambahan.Panjang slang tinggal disesuaikan dengan posisi baru breather,yang penting aman dari jangkauan air.
  2. Cari posisi yang kira-kira jauh dari air untuk menempatkan alat pernapasan ini.Bisa digantung pada roolbar atau ditempel pada body.Pasang snorkel tangki tadi pada dudukan yang sudah disediakan dengan baut 10 mm.
  3. Tinggal pasang slang.Pada kit K&N sudah tersedia slang yang berlapis braided atau anyaman besi,dan memiliki nepel baut pada ujung yang menempel di tabung.Pasang ujungnya ke tabung dengan kunci 17 mm.
  4. Pasang ujung slang di tangki lalu kencangkan klemnya dengan obeng.
Saran pemasangan, Jangan memasang alat ini di dalam kabin yang tertutup. Alasanya, uap bensin yang keluar dapat mengganggu pernapasan dan menyebabkan kebakaran.Usahakan pasang di tempat terbuka. sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar