Kamis, 13 Januari 2011

Tips Merawat Sistem Pengapian Landy Series II dan III

 Land Rover seri II dan III adalah salah satu jip yang banyak penggemarnya karena jip ini terkenal tangguh dan cocok untuk menerobos medan off road tetapi juga cocok digunakan unuk alat transportasi harian.Namun setangguh apapun Landy agar tetap mampu tampil prima dibutuhkan perawatan rutin.Salah satu komponen yang utama perlu diperhatikan adalah perawatan untuk sistem pengapian mesin.Karena pengapian mesin merupakan hal utama dalam menghidupkan mesin agar mesin mampu menyala maksimal.Adapun cara untuk merawat sistem pengapian pada Landy adalah sebagai berikut;
  1. Gunakan kunci 11mm untuk membuka distributor kalau perlu copot sekaligus distributornya.jangan lupa firing ordernya 1-3-4-2.
  2. Cek platina dan kondensator.Perhatikan permukaan platina,bila sudah tipis,tidak rata atau bahkan berlubang sebaiknya diganti.Atur gap platina pada 0,014-0,016 inci atau 0,36-0,40mm. Biar mudah, putar as distributor sampai noken as atau tonjolan kem mendorong dan membuka platina di titik terjauh.
  3. Jangan lupa lumasi as distributor dengan gemuk. Untuk Landy tahun tua kabel kondensor dikaitkan dengan baut sedangkan tahun muda dikaitkan dengan klip.
  4. Buka busi dan bersihkan.Gunakan feeler gauge dan setel kerengganganya 0,70-0,80mm(0,32 inci).Apabila kondisi busi sudah jelek sebaiknya diganti.
BUSI
Perhatikan kutub busi.Bila kutubnya sudah mengecil akibat korosi,hasil yang akan dicapai tidak bisa maksimal.Sebaiknya busi tersebut diganti.
 Ada beberapa macam busi yang bisa menjadi pilihan untuk Landy 2.250 cc.Champion RN11YC 4 yang spesifikasinya mendekati bawaan showroom. Untuk NGK,tipe BP5ES bisa juga menjadi pilihan yang baik,atau BP6ES yang direkomendasikan untuk mesin lansiran 1985 atau yang lebih baru.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar